Selasa, 25 November 2008


Mutadi Juara I Lomba Buku Ajar Nasional

SEMARANG - Satu lagi prestasi tingkat nasional di bidang pendidikan diraih wakil dari Jateng. Dia adalah Mutadi SPd MEd yang menyabet Juara I Lomba Buku Ajar Tingkat Nasional Kategori Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Hotel Grasia, Senin (30/1) - Selasa (31/1).

Tak hanya itu, Mutadi bersama rekannya, Suyadi SAg dari MIN Wonoketingal, juga menduduki juara II lomba tersebut untuk kategori madrasah ibtidaiyah (MI).

Kemenangan Mutadi, guru MA Al Irsyad Gajah, Demak itu diraih setelah melalui presentasi dan tanya jawab dengan dewan juri yang terdiri atas tujuh personel terkait dengan buku Matematika yang dia susun. Alumnus Deakin University Australia itu dapat menyingkirkan 28 peserta lain pada lomba yang diselenggarakan Direktorat Mapenda Departemen Agama RI bekerja sama dengan Lembaga Studi Islam dan Sosial (LSIS) Semarang.

Menurut keterangan dia, salah satu poin utama yang membuat dua buku ajarnya menjadi juara adalah buku tersebut memiliki nuansa berbeda dari para pesaingnya. Selain itu, lanjut dia, isi buku karyanya juga menyarankan perlunya cooperative learning serta menekankan perlunya kemampuan mengomunikasikan gagasan pada diri setiap siswa. Karena itulah, buku tersebut dinilai dewan juri layak dalam menemani pengembangan kurikulum berbasis kompetensi seperti saat ini.

Kasubdit Kurikulum Mapenda Depag RI Drs Zubaidi MEd berharap, mulai saat ini hendaknya ilmu tidak hanya berada di otak para guru tetapi juga ide itu perlu dikelola untuk dituangkan menjadi sebuah buku. ''Sebab, buku akan memiliki nilai manfaat yang jauh lebih luas daripada ilmu itu hanya berada di otak kita,'' tandasnya.

Bahkan, lanjut dia, saat sang penulis sudah tak ada pun, buku tersebut masih terus akan memberikan manfaat dalam peradaban manusia beratus-ratus dan bahkan beribu-ribu tahun.

Jumlah peserta lomba keseluruhan tingkat MI, MTs, dan MA masing-masing 17, 28, dan 18 peserta. Selanjutnya, juara II dan III kategori MTs diraih Jauhar Mukholis SAg dari MTsN Bantul Yogyakarta dan Amiroh Ambarwati dari MTsN 1 Semarang. (sjs-56j)


Sumber: SUARA MERDEKA, Rabu 1 Februari 2006

1 komentar:

Ja'far Ad Dakhil mengatakan...

Pak Mutadi...


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Dresses. Powered by Blogger